Berita

Fraksi NasDem Dorong DPR Bentuk Pansus Garuda Indonesia

Jakarta: Fraksi Partai NasDem mendorong DPR membentuk Pansus Garuda Indonesia. Usulan itu disampaikan untuk mengurai secara komprehensif permasalahan yang dihadapi maskapai penerbangan milik negara tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Partai NasDem, Martin Manurung, dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Garuda Bentangkan Sayap Rapuh di Atas Kepulauan Nusantara dan Dunia. Usulan pembentukan pansus agar permasalahan Garuda dapat diselesaikan menyeluruh dan tuntas.

“Persoalan yang dihadapi Garuda saat ini sangat serius dan perlu penyelesaian secara komprehensif, tidak parsial,” tegas Martin melalui keterangan tertulis, Kamis, 2 Desember 2021.

Dia menyampaikan dari sisi keuangan Garuda dinyatakan sudah bangkrut. Sebab, memiliki utang sebesar Rp138,5 triliun dan ekuitas minus USD2,8 juta atau setara Rp40,2 triliun dengan tambahan ekuitas negatif tiap bulan mencapai Rp1,5-2 triliun

“Meskipun secara hukum (legal) BUMN itu masih eksis,” ungkap dia.

Masalah tersebut kian rumit. Sebab, sebagian besar utang Garuda yakni sekitar 66 persen atau Rp90,2 triliun berkaitan dengan sejumlah lessor asing.

“Pada Maret 2021 kita rapat dengan Direksi Garuda, Pak Dirut (Direktur Utama PT Garuda (Persero) Irfan Setiaputra) mengatakan on going cost-nya sebesar Rp1 triliun setiap bulan. Itu keadaan Garuda sekarang. Sehingga memang tidak perlu orang pintar untuk mengetahui bahwa Garuda sudah bangkrut secara teknis,” sebut Martin.

Dia menyampaikan Komisi VI sudah membentuk panja untuk mengusut permasalahan Garuda. Tetapi Fraksi Partai NasDem DPR berpandangan penyelesaian persoalan tersebut harus melalui pansus.

“Fraksi Partai NasDem DPR berpandangan pansus paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang kini melilit Garuda,” ujar dia.

Sumber : medcom.id Jurnalis : Renatha Swasty

admin

Website Resmi Anggota DPR RI Martin Manurung, S.E., M.A.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close