Berita

Jika Indonesia Resesi, Nasdem Harap Pemerintah Mampu Memitigasi Dampaknya

KedaiPena.Com – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung berharap, agar pemerintah mampu mengantisipasi dampak dari resesi jika memang pada akhirnya Indonesia masuk ke jurang tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Martin begitu ia disapa saat menanggapi ancaman resesi ekonomi yang akan dialami oleh Indonesia akibat dari pandemi COVID-19.

“Kita harus sama-sama mitigasi dampak-dampak atau mengecil dampak resesi supaya jangan misalnya sampai pertumbuhan ekonomi itu sampai dua digit minusnya,” kata Martin, Rabu, (2/9/2020).

Minimal, lanjut Martin, pertumbuhan ekonomi hanya terimbas minus -3 persen. Sekalipun terperosok hanya  -7.

“Mungkin bisa bertahan sampai 5 syukur-syukur bisa sampai -3. Kalau lebih dari -5 ya usahakan misalnya usahakan bisa bertahan pada -7,” papar Martin.

Politikus Nasdem ini  berharap, agar program – program stimulus ekonomi pemerintah guna menghadapi dampak dari COVID-19 tidak lagi terhambat oleh masalah birokrasi dan sebagainya.

“Jadi jangan lagi terhambat dalam problem birokrasi dan lain sebagainya. Sehingga dana-dana stimulus yang dianggarkan itu agar bisa sampai pada masyarakat,” tandas Martin.

Diketahui, Presiden Joko Widodo Jokowi masih optimistis RI bisa menghindar dari ancaman resesi.

“Berkaitan dengan pemulihan ekonomi, kita tahu kuartal I-2020 kita masih tumbuh 2,97%, negara lain sudah minus,” ujarnya dilansir dari live akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

Jokowi melanjutkan, pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II-2020 terkontraksi 5,32%. Jika kuartal III-2020 ekonomi RI kembali minus maka ancaman resesi tidak akan terelakan. (Jurnalis: Muhammad Hafidh, Irfan Murpratomo).

Sumber: kedaipena.com

Tags

admin

Website Resmi Anggota DPR RI Martin Manurung, S.E., M.A.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close