Berita

Penerapan Beli Pertalite Pakai MyPertamina Dinilai Sebagai Bentuk Kontrol BBM Bersubsidi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) akan menerapkan sistem untuk setiap pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina. Cara tersebut dinilai sebagai bentuk kontrol BBM bersubsidi.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Fraksi Nasdem, Martin Manurung mengatakan, ketentuan pembelian Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina hal yang positif.

“Bagus untuk membantu Pertamina melakukan kontrol atas konsumsi Pertalite dan Solar karena BBM jenis tersebut disubsidi pemerintah,” ujar Martin saat dihubungi Tribunnews, Rabu (29/6/2022).

Hanya saja, ucap Martin, Pertamina harus melakukan sosialisasi yang masif dan penerapannya secara bertahap sehingga memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk beradaptasi dan melakukan persiapan.

Hal yang juga perlu dilakukan, kata Martin, adalah mempersiapkan mekanisme pada masa transisi.

Terutama, bagaimana sistem yang dilakukan untuk kontrol sampai dengan aplikasi tersebut dapat secara full diterapkan.

“Menurut saya, sebenarnya pembelian dengan aplikasi tersebut juga nantinya bisa diterapkan untuk penggunaan seluruh jenis BBM, agar pendataan konsumsi BBM, baik subsidi dan non subsidi bisa didapatkan datanya dengan lebih baik.

Data ini nantinya akan sangat diperlukan untuk desain kebijakan yang lebih consumer oriented,” tutur Martin.

Sebelumnya, PT Pertamina Patra Niaga akan menguji coba cara baru pembelian BBM subsidi, Pertalite dan Solar, menggunakan aplikasi MyPertamina. Cara baru tersebut akan diterapkan mulai 1 Juli 2022.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution berujar, cara baru pembelian BBM subsidi tersebut diberlakukan karena ada konsumen yang tidak berhak menikmati BBM subsidi Pertalite dan Solar

Sumber : Tribunbisnis  Penulis : Dennis Destryawan

admin

Website Resmi Anggota DPR RI Martin Manurung, S.E., M.A.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close